Friday, April 3, 2015

TIPS CERDAS MERAIH SKOR UJIAN NASIONAL TINGGI



Ujian Nasional tinggal menunggu hari. Namun masih ada waktu untuk mempersiapkan diri untuk mearih skor tinggi. Beberapa tips berikut ini semoga dapat membantu.
1.      Siapkan mental
Persiapan mental yang mantap sangat diperlukan dalam menghadapi Ujian Nasional agar bisa memiliki mental kuat untuk secara konsisten dan konsekuen mempelajari materi, melaksanakan ujian, termasuk berserah diri kepada Tuhan akan hasil ujian yang akan didapat nantinya. Persiapan mental meliputi: memahami bahwa Ujian Nasional bertujuan untuk mengukur kemampuan diri akan penguasaan terhadap beberapa bidang studi tertentu dan bukan akhir dari segalanya. Pemahaman ini diperlukan agar kelemahan diri juga diketahui untuk perbaikan di masa depan. Jadi jika gagal, tidak akan putus asa, tetapi tetap semangat dan berbesar hati untuk memperbaiki diri dalam ujian ulang nantinya. Kegagalan dalam Ujian Nasional bukan akhir segalanya!
2.      Fokus dan konsentrasi
Waktu singkat yang tersisa ini harus memulai (jika belum) dan fokus serta konsentrasi untuk menghadapi Ujian Nasional. Ini berarti prioritas utama saat ini adalah Ujian Nasional. Oleh sebab itu segala hal-hal yang tidak ada hubungan dengan Ujian Nasional harus disingkirkan. Kurangi waktu ber-chatting di sosial media, misalnya, yang banyak menyita waktu tapi tidak memberikan kontribusi yang signifikan terhadap prestasi ujian nasional.
3.      Pahami kisi-kisi soal
Untuk lebih fokus mempelajari materi apa yang akan muncul di Ujian Nasional, pelajari Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional yang diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) jauh sebelum pelaksanaan Ujian Nasional. Kisi-Kisi soal ini dapat dengan mudah diunduh dari beberapa situs di Internet. Himpun dan pelajari materi berdasarkan kisi-kisi soal tersebut.
4.      Buat jadwal belajar
Salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh seorang siswa menjelang Ujian Nasional membuat perencanaan atau jadwal belajar. Mulailah dengan mempelajari mata ujian yang paling akhir diujikan dan akhirilah dengan mata ujian yang paling awal diujikan. Sebagai contoh, berikut ini adalah urutan bidang studi yang diujikan: (1) Bahasa Indonesia, (2) Bahasa Inggris, (3) Matematika, dan (4) IPA. Maka urutan bidang studi dalam jadwal belajar adalah (1) IPA, (2) Matematika, (3) Bahasa Inggris, dan (4) Bahasa Indonesia, sehingga pada saat hari-H Ujian Nasional, ingatan akan bidang studi yang diujikan pada hari itu masih segar, bukan sebaliknya.
5.      Berdoa
Kekuatan dan manfaat doa juga sangat penting dalam mempersiapkan diri menjelang Ujian Nasional. Doa sangat bermanfaat baik bagi aspek psikologis maupun kesehatan siswa sebagai calon peserta Ujian Nasional. Manfaat tersebut meliputi: (a) Meningkatkan ketegaran hati, (2) Mengurangi stress, (3) Menurunkan emosi, (4) Meningkatkan daya tahan tubuh, (5) Meningkatkan kemampuan dalam pengembangan diri, dan (6) Menjaga keselamatan setelah mati (http://www.andyfebrian.com/). Ingatlah firman Allah SWT "Berdoalah kepada- Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu." (QS. Al-Mu'min : 60). Berdoa dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.
6.      Tawakkal
Ketika siswa sebagai peserta Ujian Nasional sudah berusaha segala cara yang baik untuk mempersiapkan diri dan tidak pula lupa untuk berdoa agar berhasil memperoleh skor tinggi, hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah tawakkal atau berserah diri kepada Allah SWT atas apa yang dikehendakin-Nya atau ridha dan ikhlas menerima atas semua yang dilakukan -Nya baik dalam kebaikan maupun cobaan (atau musibah) dan tidak membenci apa yang diperbuat-Nya dan percaya akan apa yang diberikan-Nya. Hal ini dapat memberikan ketenangan jiwa siswa menjelang dan sesudah Ujian Nasional.
Semoga tips ini bermanfaat. Selamat menempuh Ujian Nasional dan semoga sukses!

No comments:

Post a Comment